Senin, 15 Juni 2015

Bagi kalian yang mengalami masalah Bootloop, kerusakan sistem OS, stuck di logo INTEL, atau yang tidak bisa meng-Upgrade OS terbaru pada ZF 4 kalian, bisa mengikuti tutorial yang saya berikan dari forum ASUS. Sumber : Klik DISINI

PERINGATAN : RESIKO DI TANGGUNG SENDIRI CARA INI AMPUH NAMUN BERESIKO JIKA TIDAK BERHATI-HATI. SETELAH SELESAI FLASH, NO IMEI AKAN HILANG/NULL, TAPI JANGAN KHAWATIR KARNA ADA SOLUSI UNTUK PERMASALAHAN ITU

PERSIAPAN :
  1. SD Card (Maks 8 gb)
  2. Download file ini untuk mengembalikan no. IMEI --- > DISINI (mmcblk0p3.img)
  3. Download firmware versi terbaru di link Official ASUS untuk ZF 4 A400CG. --- > DISINI Saya sarankan download firmware versi V6.6.3 (Versi terakhir untuk android KitKat) agar tidak terjadi masalah saat upgrade ke Lollipop.
  4. Download ClockWorkMod (CWM) menggunakan PC. --- > DISINI --- > Kemudian extract.
  5. Pindahkan firmware .zip yang didownload tadi ke dalam SD Card untuk melakukan offline updating. (Jangan meng-Extract firmware file .zip nya).
TAHAP :
  1. Masukan SD Card anda ke ZF dalam keadaan mati lalu masuk ke droidboot ZF kalian dengan cara tekan tombol "Power + Volume Up" secara bersamaan kemudian tahan beberapa detik sampai terlihat gambar droidboot. Kemudian tancapkan kabel USB ZF anda ke PC.
  2. Buka folder CWM hasil extract yang tadi didownload kemudian buka file OPEN.cmd 
  3. Ketik perintah berikut :
    • fastboot erase system
    • fastboot erase cache
    • fastboot erase data
    • fastboot erase userdata
    • fastboot flash update update.zip
  4. ZF akan otomatis merestart sendiri setelah itu langsung masuk ke CWM. 
  5. Pilih --- > install zip from sdcard
  6. Pilih --- > choose zip from sdcard
  7. Pilih --- > Firmware yang akan di install contoh : UL-ASUS_T00I-WW-6.6.3.0-user.zip
  8. Pilih --- > Yes, tunggu hinggal selesai lalu reboot system now
  9. Kalau muncul perintah seperti Disable Recovery tekan tombol "back" saja di ZF. 
  10. Tunggu dan selesai.
NB : Masih ada yang harus dilakukan setelah install Firmware nya, karena dengan melakukan metode ini, no IMEI ZF telah hilang/null. Kehilangan no IMEI bisa menyebabkan SIM tidak terdeteksi, maka dari itu lakukan tahap berikut untuk mengembalikan no IMEI ZF4 anda.

Langkah-langkah mengembalikan No. IMEI :
  1. Root terlebih dahulu ZF 4 kalian. Caranya klik DISINI
  2. Download aplikasi Terminal Emulator di Playstore
  3. Pindahkan file "mmcblk0p3.img" yang di download tadi ke memori internal anda.
  4. Buka aplikasi Terminal Emulator kemudian ketikan perintah : su
  5. Grant SuperSU akses.
  6. Ketik lagi : dd if=/sdcard/mmcblk0p3.img of=/dev/block/mmcblk0p3
  7. Enter dan tunggu selesai, kemudian restart ZF4 anda.
  8. Selesai, no IMEI anda telah kembali.
Jika semua sudah selesai, ZF4 anda dapat melakukan upgrade OS ke Lollipop menggunakan metode OTA. Atau lihat saja DISINI jika masih bingung.

74 komentar:

  1. di jamin aman gan, yg penting sesuai instruksi. Udah ane praktekin di ZF4 ane.

    BalasHapus
  2. IMEI masih belum muncul gan, padahal udh sesuai dengan cara di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di ulang lagi gan, pastiin ngetiknya jgn sampe salah di Terminal Emulatornya.

      Terima kasih sudah berkunjung di blog ane :)

      Hapus
  3. waaa terima kasih...baru lepas dari intel logo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, terima kasih sudah berkunjung di blog ane :)

      Hapus
    2. klo droidbootnya hilang, baca di ini gan,
      http://aaijul-tea.blogspot.co.id/2015/11/memperbaiki-droidboot-hilang-untuk.html

      Hapus
    3. mmcblk0p3 harus sesuai dg versi fw gan , kalo gak sesuai ya gitu

      Hapus
  4. kang kalo flash di atas di pake buat zenfone 5 bisa ga .oya bisa minta file mmcblk0p3 nya buat zen5 ga ane udah nyoba pake yg di sediain agan tp ga work buat zen 5 ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuknya caranya pasti bisa kang, tapi msalahnya file mmcblk0p3 nya ini, karna yg saya posting khusus untuk zenfone 4, nanti akan saya carikan kang

      Hapus
  5. Balasan
    1. kalo pada bagian mmcblk0p3 nya ikutin aja ketikannya yg di cetak tebal yaa, terus di mulai setelah titik dua.

      Hapus
  6. Balasan
    1. kalo mau di unroot, masuk ke aplikasi supersu nya, terus cari full unroot dan restart zen 4 agan,

      Hapus
  7. Kalo buat zenfone 5 agan punya tutornya gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mngkin untuk zenfone 5 tutornya sama, tapi yg berbeda dari file mmcblk0p3 nya ini, karna yg saya pakai khusus untuk zen 4.

      Hapus
  8. Salam gan, beberapa hari lalu ane coba flash sendiri gara2 cuma muncul logo asus, tapi gagal. Ngga mau ribet, ane langsung bawa ke asus center depok, pas ane tungguin beberapa jam diflashing katanya gagal. Dan yang lebih parah lagi ntu hape yang tadinya loading logo asus malah berubah jadi logo intel inside. Katanya perlu ditinggal 5 hari, kemungkinan motherboard nya yang rusak. Pertanyaan ane, apa semudah itu motherboard rusak, padahal dua hari lalu masih normal dan ngga pernah jatuh alias tanpa kerusakan fisik? Atau ada solusi lain nih gan buat zenfone 4S ane yg stuck di logo intel inside? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. gan zen 4 ane juga stuck nih jadi logo INTEL INSIDE, rencana mau bawa ke SC depok juga. tapi kayaknya baca koment agan diatas, SC nya brengsek juga, kita pasti disuruh ganti board yang harganya bisa sekitar 500 rb. kalo secara logika mah gak mungkin bisa kena boardnya, ane gara gagal flash aja nih jadi keq gini, mana dah gak garansi. baca2 koment orang lain, yang garansi aja maish bisa bayar dgn alasan korosi kena air.

      Hapus
    2. tergantung dari bagaimana cara orang ngereflashnya gan, kesalahan reflashing bisa mengakibatkan motherboard rusak, kerusakan yang dimaksud bukan fisiknya, tapi partisi-partisi yang ada di IC motherboard tersebut. Saran saya untuk kedepannya, jangan sesekali unlock bootloadernya gan. Kalo ada tutor yang mengharuskan unlock bootloader mending pikir 2x aja deh

      Hapus
  9. gan TS, kalo liat judul nya ada stuck logo intel diatas. kira2 gimana benerinnya nih gan ? ga bisa normal boot, ga bisa masuk fastboot. ada solusi kah ?

    BalasHapus
  10. kok pas waktu di fastboot flash update update.zip
    hasilnya cannot open update. zip ya gan ? itu kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastiin lokasi file update.zip nya udah bener gan, di sama folderkan aja filenya.

      Hapus
  11. kok pas waktu di fastboot flash update update.zip
    hasilnya cannot open update. zip ya gan ? itu kenapa?

    BalasHapus
  12. bng ko zenfone 4 gw imeinya tetep gx bisa ea

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dipastikan ga ada kesalahan pengetikan gan ?
      pengalaman ane, ngetik di terminal emulator suka auto correct,

      Hapus
  13. imei gak muncul padahal udah suskes di terminal emulator

    BalasHapus
  14. gan, bberapa waktu lalu ane coba2 root zenfone 4 kitkat ane, tapi gagal.syukurnya gak bootlop cuma pas tiapkali ane hidupin tu HH layar awalnya berubah putih latarnya, harusnya item kalo awal itu. itu kira2 kenapa ya gan?trus minta tolong solusinya..makasih

    BalasHapus
  15. gan minta bantuanya.
    kalau imei berubah menjadi 004999010640000 solusinya bagaimana. sudah pakai cara di atas tidak berhasil. bantu ane gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn asusnya . Imei nya udah bisa gan? Sama ni punya aneh juga kyk gitu. Kalo bisa share dong caranya. Makasih.

      Hapus
  16. Tolong dijelaskan om yg ketik ddii di terminal regulator yg benar pengetikan nya bgmn. Trims

    BalasHapus
  17. Tolong dijelaskan om yg ketik ddii di terminal regulator yg benar pengetikan nya bgmn. Trims

    BalasHapus
  18. BAng kalo bootloop di logo intel dan hh saya udah lolipop apa masih bisa ? dan frimware pake yang kitkat / yang lolipop mohon responnya kang

    BalasHapus
  19. BAng kalo bootloop di logo intel dan hh saya udah lolipop apa masih bisa ? dan frimware pake yang kitkat / yang lolipop mohon responnya kang

    BalasHapus
  20. cara mengaktifkan USB Debugingnya kalo HH dalam ke adaan Stuck gimana ?
    ngk bisa masuk droidboot juga karna stuck di gambar sequrity android warna hijau ?
    ada solusi gan ? soalnya ngk kebaca sama PC HH nya

    BalasHapus
  21. Halo gan,
    ZF ane nih gak mau lg masuk ke cmw atau droidboot. Dihidupin atau pencet power+volume up, yg mucul cm logo asus doank. Mgkn dlu pernah mau root malah gagal, atau update ke android brp itu, dah setahun nganggur.
    Kira2 ada pecerahan? Atau dijadiin ganjel pintu aja nih..hehe..
    Mohon pencerahan. Trims

    BalasHapus
  22. Halo gan,
    ZF ane nih gak mau lg masuk ke cmw atau droidboot. Dihidupin atau pencet power+volume up, yg mucul cm logo asus doank. Mgkn dlu pernah mau root malah gagal, atau update ke android brp itu, dah setahun nganggur.
    Kira2 ada pecerahan? Atau dijadiin ganjel pintu aja nih..hehe..
    Mohon pencerahan. Trims

    BalasHapus
  23. ini bisa untuk Zenfone 5 gak Bang?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. file mmcblk0p3.img nya buat zenfone 6 bisa?

    BalasHapus
  26. agan yang baik...

    tolong bantu masalah saya...
    lagi di mintai tolong sama temen zenfone 4 nya stuck di logo asus. sebagai catatan tambahan status usb debug udah ndak jelas...tapi kelihatannya off sih...sudah pernah coba pake printah adb, tapi devices masih belum terbaca..masih droidboot bisa recovery ndak bisa..TAPPIIII...droidboot hanya muncul logo saja..tidak ada perintah ataupun keterangan yang muncul di screen hanya logo saja...

    tolong bantu dong gan :)

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  27. alhamdulillah sembuh hehe.. trims ya bro

    BalasHapus
  28. gan ane minta file UL-ASUS_T00I-WW-6.6.3.0-user.zip nya donk
    yang di web asus g bisa didonlot...
    email ane gan gatoted@gmail.com

    BalasHapus
  29. gan ane coba 3x kok tetep aja ya gimana itu, apa recovery nya ya yang jelek , tlg bantuanya gan

    BalasHapus
  30. gan, sy sdh lakukan cara di atas tp tetap bootloop. gimana solusinya
    tlg respon gan. terimakasih

    BalasHapus
  31. gan, pny sy gagal di flas update (flash failed
    result : fail(flash_cmds error!)..help gan..

    BalasHapus

  32. E:\files\NEW PROJEK 2\X-Team_CWMR-6.0.2.8[VIA_DROIDBOOT]\X-Team_CWMR-6.0.2.8[VIA
    _DROIDBOOT]>fastboot flash update update.zip
    sending 'update' (5127 KB)...
    OKAY [ 0.968s]
    writing 'update'...
    FAILED (remote: problem with creating ota update file!)
    finished. total time: 1.919s

    BalasHapus
  33. Mas tolong bantuanya kenapa asus zenfone 4s aku kok gak bisa di pencet kan aku udh selesai update ke lolipop dari kitkat terus aku flash jadi kitkat eh pas itu gak bisa di pencet gimana ya tolong balas ya mas tolong banget yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisanya cuman buat Zenfone 4 a400cg aja gan, kalo yg 4s kurang tau deh

      Hapus
  34. Assalamualaikum,

    Ane punya masalah ama Zenfone 2 (ZE551ML), Imei nya jd 004999010640000

    mohon solusinya para suhu2 disini...
    makasih banyak ..

    BalasHapus
  35. gan kok ane download cwmnya file jadi iso?

    BalasHapus
  36. Artikel nya sangat menarik gan (y) Tulisannya juga enak dibaca.

    Bila butuh domain & hosting murah kunjungi jualdomainhostingmurah.com

    BalasHapus
  37. Ini buat asus zenfone 4 mmcblk0p3.img ww v4.11.40.179 cocok gak yah

    BalasHapus
  38. imei ane ko tetep gak balikjuga...padahal udah sukses

    BalasHapus
  39. pencerahanya gan...butuh banget nich

    BalasHapus
  40. ane udah coba dan sukses tapi imei ane tetep gak balik juga

    BalasHapus
  41. ane udah coba dan sukses tapi imei ane tetep gak balik juga

    BalasHapus
  42. pencerahanya gan...butuh banget nich

    BalasHapus
  43. imei ane ko tetep gak balikjuga...padahal udah sukses

    BalasHapus
  44. Assalamaualaikum Gan..
    Ane udah ikutin langkahnya, tapi waktu fastboot flash update update.zip itu error gan, Failed. Mohon bantuannya.. terima Kasih

    BalasHapus
  45. mohon bantuannya gan asus punya saya stuck d logo intel terus, sudah saya coba tekan 2 tombol secara bersamaan tapi ttp hasilnya stuck d logo intel teus gan, mohon bantuannya gan ,, terimakasihw

    BalasHapus
  46. gan mau tanya cara memunculkan baseband di asus zenvone 4 gimana cara nya ya ? soalnya ini baseband hilang dan otomatis repair imei pun tidak bisa berfungsi

    BalasHapus
  47. Gan saya sudah install versi 7.4.4.0 berhasil lewat cmw tp hpnya malah bootloop.saya ulangi install lagi versi di bawah/di atasnya selalu instlled aborted lebih parahnya buka droidboot juga gak kedetect komputer.kalo pas lagi buka droidboot 5 detik lancar habis itu macet tolong kasih solusinya,hh jadi bootloop sampai sekarang.terima kasih

    BalasHapus
  48. Gan cara di atas bisa ngga buat asus z007

    BalasHapus
  49. kalo buat zenfone c z007 kira2 cocok ga yah ? fimwarenya ini gan_WW_4.11.40.179
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  50. tak boleh download zip recovery

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah BERHASIL...
    mungkin sampai saat ini,yang pakai Zenfone 4 hanya diriku kali yaa..

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!